Mitos dan Pengalaman Estetis pada lagu Dere - Kota

Berdasarkan judul "Dere - Kota", lagu tersebut menggambarkan pengalaman seorang akan kerinduan dengan teman - teman dan seseorang.


Sebuah foto di atas adalah teman - teman saya SD 


Sebuah lagu berjudul Kota karya Dere ini membuat saya teringat kenangan bersama teman-teman SD yang saat ini jarang sekali bertemu dengan mereka.

Ketika saya mendengarkan lagu sambil membaca lirik tersebut saya teringat nenangan indah bersama teman-teman yang sekarang sudah pada punya kesibukan masing-masing, baik itu ada yang sudah bekerja dan ada juga yang sudah berkeluarga. Saya sudah berteman dengan mereka saat duduk di bangku TK hingga sekarang, hanya saja sulit untuk bertemu seperti saat masa-masa TK dan SD Mereka adalah serupa saya, saya dilahir sebagai disabilitas yaitu Tunarunggu. Pada saat kelas SD saya dan teman - teman suka bermain yang tidak jelas hingga lupa waktu karena sangat asyik bermain dengan mereka, mereka berkomunikasi dengan berbahasa isyarat dan belum bisa berbicara tetapi mereka bersyukur bahwa bisa berkomunikasi dengan isyarat. Isyarat adalah bahasa Ibu mereka sendiri. Pada saat kelas 3 SD saya mulai jatuh cinta dengan seorang yang baik hati dan cantik, entah kenapa saya tiba - tiba bisa jatuh cinta padanya mungkin saja sudah dari dulu suka seorang. Tidak lama saya mulai berani membuka hati padanya melalui tulis surat. Seorang itu pun juga sama suka. Namun tidak lama berhubungannya dan kembali menjadi teman lagi tetapi saya masih tetap merasakannya walaupun sudah menjadi teman lagi. ketika sudah menduduki bangku kelas 6, saya ditunjuk menjadi ketua kelas dan juga menjadi pempimpin upacara setiap hari senin. Selama saya menjadi ketua kelas masih tetap menjadi nakal seperti suka menyontek, ajak berantam dengan senioran hingga tidak peduli mendenngar apa yang dibicara oleh guru tentang nasehat. Suatu hari pengumuman kelulusan saya sangat tidak sabar untuk membuka surat kelulusan tetapi setelah saya buka surat tersebut dan dalam suratnya tertulis "Maaf, kamu tidak beruntung. Maka sekarang kamu ke Kantor untuk bertemu dengan keapala sekolah" dalam hati saya setelah baca dan saya berpikir "saya akan kesepian tanpa mereka dan tidak bersama lagi" karena mereka adalah istimewa bagi saya selama bersama. Saya harus bergegas ke kantor sekolah untuk memohon meluluskan saya supaya bisa bersama mereka lagi, pada akhirnya saya dinyatakan lulus. Sebelum berpisah dengan mereka, saya sudah membuat pesan untuk seorang yang saya pernah suka dan juga teman - teman saya bahwa saya dan teman - teman harus berpisah karena ada beberapa akan pindah sekolah lain bukan di SLB lagi termasuk saya.

Beberapa tahun kemudian saya mendapat undangan oleh seorang bahwa seorang itu akan menikah dengan orang lain, saya kaget dan hati saya pun hancur ketika saya membaca "seorangnya akan menikah" karena dari dulu saya pernah berpikir masih bisa bersama dengannya. Saya datang pernikahannya dan saya mengucapkan selamat atas menikah dan saya pergi dari pernikahannya karena sudah tidak akan bisa bersama lagi. Saat ini teman-teman saya masing - masing sudah punya kesibukan diri untuk masa depan.


Lagu ini juga mewakilkan bahwa perasaan saya dan mengingat kenangan waktu saya masih SD bersama teman - teman dan seorang. Itulah cerita pengalaman saya dan momen - momen tersebut akan selalu mengingatkan akan banyak hal yang spesial bagi saya yang merasakan suasana spesial maupun pahit pada saat itu. Sehingga cerita ini akan menjadi bahan cerita dan hiburan ketika bertemu mereka lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review 20 Jurnal

MITOS, METAFORA, DAN METONIMI DALAM SEBUAH LAGU BERJUDUL "DIRI" KARYA TULUS